Tuesday, March 31, 2009

FMOD chapter 2: Let's Start Cooking

melanjutkan menu kita sebelumnya tentang FMOD, skarang kita mulai acara "memasak". Program yang akan kita buat adalah sebuah program sederhana untuk memainkan lagu, “Play Song”.
langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. kita buka IDE C++ yang akan kita gunakan untuk menulis source code, aku menggunakan Microsoft Visual C++ 2008 express edition

  2. pilih new project lalu pilih win32 console application, kemudian ketikan nama project “PlaySong”.


  1. Sebelum kita memulai menulis source code, kita tambahkan folder include dan library FMOD serta file fmodex.dll, yang akan kamu temukan pada folder Program Files\FMOD SoundSystem\FMOD Programmers API Win32\api ke dalam folder project PlaySong yang barusan kita buat tadi.

  2. Kembali ke VC++, Kita tambahkan file source baru pada project kita, caranya pencet CTRL+SHIFT+A lalu pilih code, kemudian pilih header file, beri nama PlaySong.h .


  1. Kita tambahkan 2 file .cpp lagi, dengan cara yang sama tekan CTRL+SHIFT+A, tapi kita pilih code, C++file dan beri nama PlaySong.cpp dan main.cpp

  2. Persiapan selesai sekarang, let's get our hand dirty, coding time!!!!! ^_^' file source code tersebut ada disini

  3. Pada file PlaySong.h perhatikan baris dibawah ini, baris pertama dan kedua adalah untuk menginclude file header fmod (fmod.hpp dan fmod_error.h). sedangkan baris ketiga adalah untuk menginclude library fmod (fmodex_vc.lib)


#include "inc/fmod.hpp" // include fmod.hpp (fmod c++ header)

#include "inc/fmod_errors.h" // include fmod_errors.h (fmod error header)

#pragma comment(lib,"lib/fmodex_vc.lib") // import fmodex_vc.lib



  1. kemudian pada PlaySong.cpp baris yang berwarna merah menunjukkan dimana kita menempatkan file lagu yang akan kita mainkan pada folder project kita (misalnya file: lagu.mp3) , aku menempatkannya pada folder PlaySong\media


void PlaySong::Loading()

{

result = system->createStream("media/lagu.mp3", FMOD_HARDWARE | FMOD_LOOP_NORMAL | FMOD_2D, 0, &sound); // place the song in folder media

ERRCHECK(result);

}

  1. Prinsip untuk memainkan sebuah file sound pada fmod cukup sederhana, setelah kita membuat object fmod baru dari class PlaySong, yang kita lakukan cukup Inisialisasi->Loading->Playing->Shutdown

  1. Kemudian kita build solution atau shortcut tekan F7

  2. Sebelum kita run, pastikan file fmodex.dll (yang kita kopikan di bagian awal tadi) berada satu folder dengan file .exe hasil compile dari program kita ini (ex: satu folder dengan PlaySong.exe). Di tempatku aku tempatkan pada Projects\PlaySong\Debug.

  3. Kita run project tekan CTRL+F5

  4. Voilaaaaa!!!!!!! masakan sudah tersaji, silahkan dinikmati :)



sederhana sekali bukan..... ;).
silahkan bereksperimen, untuk pedoman gunakan "FMOD Programmers API documentation" yang tersedia ketika km menginstall fmod.

happy coding ;))

2 comments:

  1. let's cooking...ayo masak..saya kira ini mau masak beneran..eh ternyata tidak...kunjungi aku ya..www.letscookinggirl.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. hehehe, nyasar kesini googling ya mbak...
    aku pake istilah ini buat coding, kl blog mbak bener2 masak ya? cek TKP dulu.. hehe

    ReplyDelete